Komputer Grafik : Chapter 01- Perkembangan Komputer Grafik

  Perkembangan Komputer Grafik


Komputer Grafik merupakan ilmu komputer yang berkaitan dengan visual secara digital. Bentuk sederhana dari Komputer Grafik ada yang berupa 2D yang kemudian berkembang menjadi 3D, image processing, dan pattern recognition. Di bawah ini merupakan bagian dari Komputer Grafik yang perlu kita ketahui:

1.     Geometri, mempelajari cara menggambar permukaan bidang

2.     Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi animasi

3.     Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya

4.     Imaging, mempelajari cara pengambilan dan penyunting gambar

Sejarah dan Perkembangan Komputer Grafik


Perkembangan Komputer Grafik di bagi menjadi empat fase, yaitu:


1.     Fase Pertama, tahun 50an


Merupakan era Komputer Grafik interaktif. Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan. Akhir tahun 50an banyak orang menggunakan pena cahaya sebagai alat input,selain itu pada periode yang sama alat pemrograman otomatis telah berhasil dibuat.


2.     Fase kedua, dekade 60an


Pada fase ini Komputer Grafik interaktif moderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD. Beliau juga menggambarkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya. Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.


3.     Fase ketiga, dekade 70an


Pada fase ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya Komputer Grafik interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.


4.     Fase keempat, dekade 80an


Pada masa ini Komputer Grafik sudah berkembang sangat pesat. penelitian fase ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.


Komentar